BERITA
  • 22 April 2021
  • 0 Komentar
  • 246 Kali Dilihat
BUPATI PRINGSEWU HADIRI PEMUSNAHAN ARSIP BKPSDM PRINGSEWU

Pada tanggal 21 April 2021 telah dilaksanakan kegiatan Pemusnahan Arsip pada BKPSDM Kab. Pringsewu. Kegiatan tersebut dilaksanakan di TPS 3R Pringsewu Barat dan dihadiri langsung oleh Bupati Pringsewu, Bapak Hi. Sujadi Saddat, Asisten Bidang Administrasi Umum, bapak Hasan Basri, SE., MM (sekaligus Plt. Kepala Dinas Perpustakan dan Kearsipan), BKPSDM, Inspektorat, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas PUPR, Dinas Kesehatan, Dinas Dukcapil serta Kepala Bagian Hukum Setda Kab. Pringsewu.

Pemusnahan arsip adalah suatu kegiatan mengurangi volume arsip dengan cara memindahkan, memusnahkan, dan menyerahkan arsip kepada lembaga kearsipan. Tujuan dari pemusnahan arsip adalah untuk efisiensi penyimpanan arsip serta penyelamatan informasi arsip itu sendiri dari pihak-pihak yang tidak berkepentingan. Pemusnahan arsip harus melalui persetujuan Bupati yang telah melewati proses penilaian serta pemilahan arsip oleh tim penilai arsip berdasarkan pedoman JRA (Jadwal Retensi Arsip). Arsp yang dimusnahkan merupakan arsip yang telah menurun daya gunanya dan telah habis masa retensinya serta tidak berkaitan dalam proses penyelesaian suatu perkara.

Kegiatan pemusnahan arsip BKPSDM tahun 2021 merupakan kegiatan kedua pemusnahan arsip yang dilakukan oleh BKPSDM Kab. Pringsewu, yang mana kegiatan yang pertama kali dilakukan pada tahun 2020 yang lalu. Pemusnahan arsip yang dilakukan dengan cara pecacahan arsip, dengan pertimbangan pencacahan lebih ramah lingkungan dibandingkan apabila arsip tersebut dimusnahkan dengan cara di bakar.